Blog ini didedikasikan untuk kepentingan pengetahuan dunia islam dan hal-hal berkaitan dengan keislaman. Semoga jadi ajang diskusi yang sehat buat kita. jazakallahu khairan....

Terbaru | Video | Mp3 Kajian

Senin, 04 Februari 2013

Home » » Penghalang Hidayah

Penghalang Hidayah


Semua kita tahu, bahwasannya hidayah Alloh akan diberikan kepada siapa yang Ia kehendaki, sebagaimana firmannya,
“…Maka Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya…” (Faathir:8)
Merupakan suatu kebutuhan bagi kita atas hidaya Alloh. Atas dasar kelalaian/kebodohan serta kesadaran akan kebutuhan inilah kita , WAJIB akan 3 hal, yaitu ISTIGHFAR (taubat serta memohon ampun atas kelalaian dan kebodohan kita dalam kesadaran ber-agama), ISTI’ADZAH (meminta perlindungan dari tipu daya syaithon dan keburukan amal kita) dan ISTIANAH (memohon pertolongan agar dimampukan dalam melaksanakan perintah Alloh). Setelah itu barulah kita memohon/meminta hidayah, rahmat, keridhoan serta kasih sayang Alloh, dan berlindung dari hal-hal yang dapat mengahalangi hidayah tersebut.

Sedikitnya ada 3 penghalang dimana HIDAYAH tidak diberikan oleh Alloh kepada kita:

1. Prasangka Baik terhadap Diri Sendiri
“Katakanlah (Muhammad), "Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?" (yaitu) orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka menyangka telah berbuat sebaik-baiknya. Mereka itulah orang-orang yang telah kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan Dia.  Maka sia-sialah amalan- amalan mereka, dan Kami tidak memberikan penimbangan terhadap (amalan) mereka pada hari kiamat.” (Al Kahfi: 103-105)
Juga firmannya,
“Dan Sungguh, mereka (syaitan-syaitan itu) benar-benar menghalang-halangi mereka dari jalan yang benar sedang mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (Az Zukhruf: 37)
Dalam 2 ayat diatas dijelaskan bahwa prasangka baik (MENGIRA/BERPRASANGKA dirinya telah berbuat yang terbaik) terhadap diri sendiri itu bersumber dari akal, serta larangan BERAGAMA dengan AKAL.

2. Hati yang Ragu
“Katakanlah (Muhammad) "Wahai manusia, jika kamu masih dalam keragu-raguan tentang agamaku*, Maka (ketahuilah) aku tidak menyembah yang kamu sembah selain Allah, tetapi aku menyembah Allah yang akan mematikan kamu dan aku telah diperintah supaya Termasuk orang-orang yang beriman",”(Yunus: 104)
*Ragu terhadap kebenaran dan janji Alloh.
Termasuk sebuah keraguan adalah memisahkan Agama dari kehidupan dan hanya membatasi pada ritual/ibadah mahdoh (baca: sholat, puasa-red). Karena orang yang berada dalam keraguan tidak akan mengambil apa yang menjadi keraguannya (agama).

3. Nafsu yang Dipetuhankan
“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat dengan sepengetahuan-Nya* dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutup atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?” (Al Jasyiyah: 23)
* Maksudnya Tuhan membiarkan orang itu sesat, karena Allah telah mengetahui bahwa Dia tidak menerima petunjuk-petunjuk yang diberikan kepadanya.
Terkait orang yang mempertuhankan nafsunya juga terdapat dalam surat Asy Syura: 13, sebagai indikatornya.
“…Amat sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu seru mereka kepadanya…” (Asy Syura: 13).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. infoduniaislam: Penghalang Hidayah . All Rights Reserved
Template modify by Creating Website. Inspired from CBS News